TUGAS CASE
MANAGEMENT GLOBAL
“PERUSAHAAN HONDA”
NAMA : ANDRIAN PURWANTO
NIM :
201380028
TRISAKTI SCHOOL OF MANAGEMENT
Perusahaan PT Honda
Perusahaan Honda adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Perusahaan Honda ini didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 24 September 1948 bersama Takeo Fujisawa. Dalam memimpin perusahaan mereka memiliki peran penting dalam masa awal dan berjalanya perusahaan Honda, yaitu Soichiro Honda memegang kendali bagian teknis perusahaan Honda sedangkan Takeo Fujisawa memegang kendali pada bagian manufaktur dan keuangan perusahaan.Soichiro Honda sebagai Kepala Seksi, Kepala Departemen, Kepala Perusahaan Honda. Sedangkan Takeo Fujisawa sebagai Wakil Presiden perusahaan honda dan sekaligus sebagai pengelola bagian segala bidang manufaktur dan keuangan Perusahaan Honda. Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa sama-sama memiliki gaya kepemimpinan yang otoriter.
Perusahaan Honda adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Perusahaan Honda ini didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 24 September 1948 bersama Takeo Fujisawa. Dalam memimpin perusahaan mereka memiliki peran penting dalam masa awal dan berjalanya perusahaan Honda, yaitu Soichiro Honda memegang kendali bagian teknis perusahaan Honda sedangkan Takeo Fujisawa memegang kendali pada bagian manufaktur dan keuangan perusahaan.Soichiro Honda sebagai Kepala Seksi, Kepala Departemen, Kepala Perusahaan Honda. Sedangkan Takeo Fujisawa sebagai Wakil Presiden perusahaan honda dan sekaligus sebagai pengelola bagian segala bidang manufaktur dan keuangan Perusahaan Honda. Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa sama-sama memiliki gaya kepemimpinan yang otoriter.
Namun
pada masa awal perusahaan berdiri, dari pembagian kepemimpinan tersebut masih
belum berjalan menjadi satu atau dalam masa kinerjanya masih belum secara
terpisah. Dan hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya kualitas dari produk
perusahaan menyebabkan menurunnya minat konsumen dan menurunya tingkat
penjualan perusahaan sehingga perusahaan mengalami krisis.Mengahadapi
keterpurukan, perusahaan tidak pantang menyerah melakukan berbagai macam
inovasi dan membenahi kualitas produk hingga memasukkan perusahaan Honda dalam
lomba balap motor Isle of Man TT di Inggris. Hal ini ternyata untuk memperbaiki
kualitas kerja karyawan Honda.Hingga akhirnya Takeo Fujisawa memutuskan untuk
membentuk bagian riset perusahaan terpisah dengan bagian bisnis manufaktur
perusahaan tujuannya agar pengisolasi dana bagian riset baru yang terpisah dari
pendapatan penjualan produk Honda.
Honda
Research and Development Co. Honda R & D adalah bagian riset perusahaan
untuk memproduksi rangkaian inovasi teknis dan juga rangkaian pengganti Mr.
Soichiro Honda sebagai CEO perusahaan Honda. Hingga Soichiro Honda mengundurkan
diri pada 1973 dan digantikan oleh generasi-generasi yang lebih muda penerus
perusahan yang telah dipercayakan oleh Mr. Soichiro Honda untuk terus
mengembangkan perusahaan Honda pada zaman yang semakin berubah dan selalu
membutuhkan pembaharuan dan perubahan.Bisnis Manufaktur Perusahaan Honda
Dalam
bagian ini di pimpin oleh Takeo Fujisawa, karena beliau sebagai pakar keuangan
maka beliau yang mengendalikan segala bidang keuangan dan manufaktur
perusahaan.Dari dua pembagian sistem kepemimpinan perusahaan Honda ini menjadi
ciri khas mereka dan menjadikannya berbeda dengan perusahaan otomotif
lainnya.Terdapat figur lain yaitu Shoiciro Irimajiri, seorang insinyur
berbakat. Berkat beliau lahirlah pabrik pertama perusahaan Honda di Ohio,
Amerika Serikat dan terciptanya beberapa pabrik honda lain di beberapa belahan
dunia. Dan hal paling membanggakan adalah produk mobil perusahaan Honda bisa
menembus pasar mobil di AS, selain itu Honda semakin membludak di pasar dunia
hingga saat ini sampai dinamai sebagai Raja Jalanan.Inovasi diperlukan karena
adanya analisis akan kebutuhan di masa depan, antisipasi terhadap perubahan
permintaan pasar, teknologi, kompetisi bahkan perubahan produk. Mereka berpendapat
bahwa, perubahan merupakan kejadian sehari-hari dan tuntutan yang positif.
Perusahaan di Jepang dapat mengembangkan inovasinya dengan baik salah satu
alasannya karena ada hubungan antara faktor yang diluar dan didalam. Mereka
membagi informasi yang dari luar kepada para karyawan di dalam organisasinya.
Kemampuan berbagi ini kemudian dikenal dengan istilah knowledge
management.Honda telah melakukan dua pendekatan untuk meningkatkan baik omset
dan profitabilitas: setiap daerah memiliki strategi yang jelas, dan menuju
kemandirian dalam kemampuan produksi, pada saat yang sama, Honda meningkatkan
penelitiannya dan pengembangan (R & D) kapasitas dan menerapkan strategi
biaya pengembangan lebih rendah di dua lokasi utama yaitu Tokyo dan LA untuk
meningkatkan daya saingnya. Tim desain ulang yang multi disiplin dan
infrastruktur pendukung yang memadai memungkinkan tim-tim dapat dengan cepat
menangkap, menyampaikan dan berbagi pengetahuan dan mengembangankan manfaat
jaringan komunikasi canggih, terutama antara Tokyo dan Los Angeles. Strategi
jangka panjang Honda yaitu fokus pada inovasi dalam pengembangan mobil dan
teknologi produksi, pemanfaatan pasar baru, mempercepat operasi global dan
menstabilkan kerja terhadap fluktuasi mata uang.
Kaidah
bisnis ini dijalankan dengan penekanan pada kepemimpinan produk, R & D, dan
minimisasi biaya dan teknologi informasi yang menekankan konsistensi informasi,
aksesibilitas, dan pentingnya jaringan komunikasi. Prinsip-prinsip ini
meliputi:
Informasi
yang mengalir di seluruh Honda harus memungkinkan semua bagian dari perusahaan
untuk lebih mudah dan cepat dan menggunakannya untuk keuntungan HondaStaf R
& D Honda di berbagai belahan dunia membutuhkan akses satu sama lain untuk
dapat mengkomunikasikan ide-ide mereka dan output untuk rekan-rekan mereka Sistem
komunikasi harus memfasilitasi interaksi orang-ke-orang berkualitas tinggi di
antara staf R & D dan antara R & D, produksi, operasi dan personil
pemasaran Sistem komunikasi harus mendukung transfer konsep desain canggih,
data, dan dokumentasi dalam kualitas yang tinggi dan dengan biaya yang
efisien.Seleksi informasi bisnis Honda ini, informasi dan tujuan teknologi
menunjukkan hubungan pentingnya Honda dalam mengelola basis pengetahuan dan
keahlian untuk mempercepat proses pembangunan. Kemampuan infrastruktur Honda
termasuk jaringan layanan komunikasi lengkap dan pengelolaan database
(penjualan, keuangan, dan bagian pemesanan) pada basis global. Dalam setiap
bidang ini, ada sinergi yang cukup dan sistem yang diperlukan untuk berbagi
informasi yang efektif.Knowledge management tidak hanya dimiliki oleh satu grup
dalam organisasi, tidak juga oleh sebuah industri. Knowledge management
membutuhkan sebuah pendekatan multidisiplin yang holistik ke proses manajemen
dan sebuah pengertian dari dimensi kerja. Knowledge management juga seharusnya
merupakan evolusi dari penerapan manajemen yang baik dan diaplikasikan dengan
tujuan yang jelas.
Analisis case perusahaan Honda
1.
Bagaimana
Perusahaan Honda Menerapkan Gaya Kepemimpinan?
Dalam
memimpin perusahaan Honda, yaitu Soichiro Honda memegang kendali bagian teknis
perusahaan Honda sedangkan Takeo Fujisawa memegang kendali pada bagian
manufaktur dan keuangan perusahaan.Soichiro Honda sebagai Kepala Seksi, Kepala
Departemen, Kepala Perusahaan Honda. Sedangkan Takeo Fujisawa sebagai Wakil
Presiden perusahaan honda dan sekaligus sebagai pengelola bagian segala bidang
manufaktur dan keuangan Perusahaan Honda. Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa
sama-sama memiliki gaya kepemimpinan yang otoriter. utuk
membuat peraturan dan hukuman yang berat untuk karyawannya agar dapat disiplin
dan mewujudkan prinsip. Penelitian telah menunjukkan bahwa Honda
adalah pemimpin teladan yang telah membangun keberhasilannya pada kegagalan.
Dia percaya kegagalan sangat penting untuk mencapai keberhasilan yang nyata.
Kegigihan adalah fitur karakteristik utama dari Honda. Dia memiliki kemampuan
untuk pergi melalui satu kegagalan setelah yang lain dan untuk tetap orang yang
sama dengan mimpi dan aspirasi yang sama. Soichiro Honda adalah diakui sebagai
salah satu pengusaha paling sukses teknik mesin sejak Henry Ford. Visi dan
pengakuan kesempatan adalah ciri khas Honda dan pemimpin lainnya. Honda
memiliki tujuan yang jelas faktor yang dipandu korporasi dan membawa sukses.
Itu Honda kepemimpinan dan visi yang membuat perusahaannya berhasil dalam skala
dunia. peristiwa telah menunjukkan bahwa Honda adalah pemimpin yang inovatif
yang mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Ia menyuntikkan antusiasme dan
energi ke orang di sekelilingnya dan mereka membantu dia untuk mencapai hal-hal
besar. Soichiro Honda adalah seorang pemimpin transformasional dan bekerja
baginya adalah pengalaman indah dan membangkitkan semangat. Soichiro Honda
adalah seorang pemimpin sejati yang memiliki kemampuan untuk menciptakan
suasana kerja yang sehat dalam tim. Honda fokus upaya dan kegiatan tim untuk
mencapai tujuan yang diinginkan yang efektif dan kerja tim sukses. Dia
menetapkan tujuan yang jelas dan semua orang menerimanya. Honda seorang pemimpin
yang baik yang mampu menangani semua masalah kerja tim. Meskipun karyawan
bernama Honda Mr Thunder untuk semburan nya kemarahan dalam jawaban terhadap
kesalahan mereka, mereka mencintai dan menghormatinya.
2.
Tantangan
Apa Yang Dihadapi Perusahaan Dalam Kepemimpinan Pengelolaan Perusahaan Honda?
kepemimpinan
tersebut masih belum berjalan menjadi satu atau dalam masa kinerjanya masih
belum secara terpisah. Dan hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya kualitas
dari produk perusahaan menyebabkan menurunnya minat konsumen dan menurunya
tingkat penjualan perusahaan sehingga perusahaan mengalami krisis.Mengahadapi
keterpurukan.
3.
Bagaimana
Menghadapi Nilai Tantangan Diversity?
Tim
pembangunan keterampilan yang diperlukan untuk pemimpin teladan, seperti Honda.
Keterampilan ini adalah wajib untuk bekerja efektif perusahaan dan pemahaman
yang lebih baik kerja tim dapat membantu seorang pemimpin dan karyawan menjadi
lebih efektif dalam korporasi. Sebuah sukses membangun tim adalah ketika tim
Anda dapat melakukan beberapa proyek besar dan bekerja lebih dan lebih efektif.
Elemen penting dari keberhasilan tim kerja adalah kemampuan tim untuk
mengarahkan upaya mereka menuju tujuan tertentu dari tim
4.
Kesimpulan
Gaya
kepemimpinan yang digunakan Soichiro Honda adalah tipe atau gaya Otoriter.
Dalam gaya kepemimpinan ini keputusan yang dibuat oleh pemimpin adalah
keputusan yang mutlak jadi tidak ada yang bisa menghalangi atau tidak dapat
dirubah kembali. Tipe kepemimpinan otoriter jika kita lihat lagi menurut gaya
kepemimpinan situasional tipe kepemimpinan ini bisa di terapkan terhadap
anggota atau bawahan dengan tingkat kematangan rendah yaitu ketika seorang
pemimpin menghadapi bawahan yg belum bisa atau belum menguasai hampir semua
bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
5.
Apa
nilai kekuatan yang dibangun dalam kepemimpinan perusahaan Honda?
fokus pada inovasi
dalam pengembangan mobil dan teknologi produksi, pemanfaatan pasar baru,
mempercepat operasi global dan menstabilkan kerja terhadap fluktuasi mata
uang.Kaidah bisnis ini dijalankan dengan penekanan pada kepemimpinan produk, R
& D, dan minimisasi biaya dan teknologi informasi yang menekankan
konsistensi informasi, aksesibilitas, dan pentingnya jaringan komunikasi.
Source : http://wapannuri.com/a.kepemimpinan/gaya-kepemimpinan-honda.html
Komentar