Makalah Analisa Perusahaan Honda

TUGAS CASE
MANAGEMENT GLOBAL
“PERUSAHAAN HONDA”
NAMA      : ANDRIAN PURWANTO
NIM           : 201380028

TRISAKTI SCHOOL OF MANAGEMENT
Perusahaan PT  Honda
          Perusahaan Honda adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Perusahaan Honda ini didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 24 September 1948 bersama Takeo Fujisawa. Dalam memimpin perusahaan mereka memiliki peran penting dalam masa awal dan berjalanya perusahaan Honda, yaitu Soichiro Honda memegang kendali bagian teknis perusahaan Honda sedangkan Takeo Fujisawa memegang kendali pada bagian manufaktur dan keuangan perusahaan.Soichiro Honda sebagai Kepala Seksi, Kepala Departemen, Kepala Perusahaan Honda. Sedangkan Takeo Fujisawa sebagai Wakil Presiden perusahaan honda dan sekaligus sebagai pengelola bagian segala bidang manufaktur dan keuangan Perusahaan Honda. Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa sama-sama memiliki gaya kepemimpinan yang otoriter.
Namun pada masa awal perusahaan berdiri, dari pembagian kepemimpinan tersebut masih belum berjalan menjadi satu atau dalam masa kinerjanya masih belum secara terpisah. Dan hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya kualitas dari produk perusahaan menyebabkan menurunnya minat konsumen dan menurunya tingkat penjualan perusahaan sehingga perusahaan mengalami krisis.Mengahadapi keterpurukan, perusahaan tidak pantang menyerah melakukan berbagai macam inovasi dan membenahi kualitas produk hingga memasukkan perusahaan Honda dalam lomba balap motor Isle of Man TT di Inggris. Hal ini ternyata untuk memperbaiki kualitas kerja karyawan Honda.Hingga akhirnya Takeo Fujisawa memutuskan untuk membentuk bagian riset perusahaan terpisah dengan bagian bisnis manufaktur perusahaan tujuannya agar pengisolasi dana bagian riset baru yang terpisah dari pendapatan penjualan produk Honda.
Honda Research and Development Co. Honda R & D adalah bagian riset perusahaan untuk memproduksi rangkaian inovasi teknis dan juga rangkaian pengganti Mr. Soichiro Honda sebagai CEO perusahaan Honda. Hingga Soichiro Honda mengundurkan diri pada 1973 dan digantikan oleh generasi-generasi yang lebih muda penerus perusahan yang telah dipercayakan oleh Mr. Soichiro Honda untuk terus mengembangkan perusahaan Honda pada zaman yang semakin berubah dan selalu membutuhkan pembaharuan dan perubahan.Bisnis Manufaktur Perusahaan Honda
Dalam bagian ini di pimpin oleh Takeo Fujisawa, karena beliau sebagai pakar keuangan maka beliau yang mengendalikan segala bidang keuangan dan manufaktur perusahaan.Dari dua pembagian sistem kepemimpinan perusahaan Honda ini menjadi ciri khas mereka dan menjadikannya berbeda dengan perusahaan otomotif lainnya.Terdapat figur lain yaitu Shoiciro Irimajiri, seorang insinyur berbakat. Berkat beliau lahirlah pabrik pertama perusahaan Honda di Ohio, Amerika Serikat dan terciptanya beberapa pabrik honda lain di beberapa belahan dunia. Dan hal paling membanggakan adalah produk mobil perusahaan Honda bisa menembus pasar mobil di AS, selain itu Honda semakin membludak di pasar dunia hingga saat ini sampai dinamai sebagai Raja Jalanan.Inovasi diperlukan karena adanya analisis akan kebutuhan di masa depan, antisipasi terhadap perubahan permintaan pasar, teknologi, kompetisi bahkan perubahan produk. Mereka berpendapat bahwa, perubahan merupakan kejadian sehari-hari dan tuntutan yang positif. Perusahaan di Jepang dapat mengembangkan inovasinya dengan baik salah satu alasannya karena ada hubungan antara faktor yang diluar dan didalam. Mereka membagi informasi yang dari luar kepada para karyawan di dalam organisasinya. Kemampuan berbagi ini kemudian dikenal dengan istilah knowledge management.Honda telah melakukan dua pendekatan untuk meningkatkan baik omset dan profitabilitas: setiap daerah memiliki strategi yang jelas, dan menuju kemandirian dalam kemampuan produksi, pada saat yang sama, Honda meningkatkan penelitiannya dan pengembangan (R & D) kapasitas dan menerapkan strategi biaya pengembangan lebih rendah di dua lokasi utama yaitu Tokyo dan LA untuk meningkatkan daya saingnya. Tim desain ulang yang multi disiplin dan infrastruktur pendukung yang memadai memungkinkan tim-tim dapat dengan cepat menangkap, menyampaikan dan berbagi pengetahuan dan mengembangankan manfaat jaringan komunikasi canggih, terutama antara Tokyo dan Los Angeles. Strategi jangka panjang Honda yaitu fokus pada inovasi dalam pengembangan mobil dan teknologi produksi, pemanfaatan pasar baru, mempercepat operasi global dan menstabilkan kerja terhadap fluktuasi mata uang.
Kaidah bisnis ini dijalankan dengan penekanan pada kepemimpinan produk, R & D, dan minimisasi biaya dan teknologi informasi yang menekankan konsistensi informasi, aksesibilitas, dan pentingnya jaringan komunikasi. Prinsip-prinsip ini meliputi:
Informasi yang mengalir di seluruh Honda harus memungkinkan semua bagian dari perusahaan untuk lebih mudah dan cepat dan menggunakannya untuk keuntungan HondaStaf R & D Honda di berbagai belahan dunia membutuhkan akses satu sama lain untuk dapat mengkomunikasikan ide-ide mereka dan output untuk rekan-rekan mereka Sistem komunikasi harus memfasilitasi interaksi orang-ke-orang berkualitas tinggi di antara staf R & D dan antara R & D, produksi, operasi dan personil pemasaran Sistem komunikasi harus mendukung transfer konsep desain canggih, data, dan dokumentasi dalam kualitas yang tinggi dan dengan biaya yang efisien.Seleksi informasi bisnis Honda ini, informasi dan tujuan teknologi menunjukkan hubungan pentingnya Honda dalam mengelola basis pengetahuan dan keahlian untuk mempercepat proses pembangunan. Kemampuan infrastruktur Honda termasuk jaringan layanan komunikasi lengkap dan pengelolaan database (penjualan, keuangan, dan bagian pemesanan) pada basis global. Dalam setiap bidang ini, ada sinergi yang cukup dan sistem yang diperlukan untuk berbagi informasi yang efektif.Knowledge management tidak hanya dimiliki oleh satu grup dalam organisasi, tidak juga oleh sebuah industri. Knowledge management membutuhkan sebuah pendekatan multidisiplin yang holistik ke proses manajemen dan sebuah pengertian dari dimensi kerja. Knowledge management juga seharusnya merupakan evolusi dari penerapan manajemen yang baik dan diaplikasikan dengan tujuan yang jelas.

Analisis case perusahaan Honda
1.      Bagaimana Perusahaan Honda Menerapkan Gaya Kepemimpinan?
Dalam memimpin perusahaan Honda, yaitu Soichiro Honda memegang kendali bagian teknis perusahaan Honda sedangkan Takeo Fujisawa memegang kendali pada bagian manufaktur dan keuangan perusahaan.Soichiro Honda sebagai Kepala Seksi, Kepala Departemen, Kepala Perusahaan Honda. Sedangkan Takeo Fujisawa sebagai Wakil Presiden perusahaan honda dan sekaligus sebagai pengelola bagian segala bidang manufaktur dan keuangan Perusahaan Honda. Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa sama-sama memiliki gaya kepemimpinan yang otoriter. utuk membuat peraturan dan hukuman yang berat untuk karyawannya agar dapat disiplin dan mewujudkan prinsip. Penelitian telah menunjukkan bahwa Honda adalah pemimpin teladan yang telah membangun keberhasilannya pada kegagalan. Dia percaya kegagalan sangat penting untuk mencapai keberhasilan yang nyata. Kegigihan adalah fitur karakteristik utama dari Honda. Dia memiliki kemampuan untuk pergi melalui satu kegagalan setelah yang lain dan untuk tetap orang yang sama dengan mimpi dan aspirasi yang sama. Soichiro Honda adalah diakui sebagai salah satu pengusaha paling sukses teknik mesin sejak Henry Ford. Visi dan pengakuan kesempatan adalah ciri khas Honda dan pemimpin lainnya. Honda memiliki tujuan yang jelas faktor yang dipandu korporasi dan membawa sukses. Itu Honda kepemimpinan dan visi yang membuat perusahaannya berhasil dalam skala dunia. peristiwa telah menunjukkan bahwa Honda adalah pemimpin yang inovatif yang mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Ia menyuntikkan antusiasme dan energi ke orang di sekelilingnya dan mereka membantu dia untuk mencapai hal-hal besar. Soichiro Honda adalah seorang pemimpin transformasional dan bekerja baginya adalah pengalaman indah dan membangkitkan semangat. Soichiro Honda adalah seorang pemimpin sejati yang memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana kerja yang sehat dalam tim. Honda fokus upaya dan kegiatan tim untuk mencapai tujuan yang diinginkan yang efektif dan kerja tim sukses. Dia menetapkan tujuan yang jelas dan semua orang menerimanya. Honda seorang pemimpin yang baik yang mampu menangani semua masalah kerja tim. Meskipun karyawan bernama Honda Mr Thunder untuk semburan nya kemarahan dalam jawaban terhadap kesalahan mereka, mereka mencintai dan menghormatinya.
2.      Tantangan Apa Yang Dihadapi Perusahaan Dalam Kepemimpinan Pengelolaan Perusahaan Honda?
kepemimpinan tersebut masih belum berjalan menjadi satu atau dalam masa kinerjanya masih belum secara terpisah. Dan hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya kualitas dari produk perusahaan menyebabkan menurunnya minat konsumen dan menurunya tingkat penjualan perusahaan sehingga perusahaan mengalami krisis.Mengahadapi keterpurukan.
3.      Bagaimana Menghadapi Nilai Tantangan Diversity?
Tim pembangunan keterampilan yang diperlukan untuk pemimpin teladan, seperti Honda. Keterampilan ini adalah wajib untuk bekerja efektif perusahaan dan pemahaman yang lebih baik kerja tim dapat membantu seorang pemimpin dan karyawan menjadi lebih efektif dalam korporasi. Sebuah sukses membangun tim adalah ketika tim Anda dapat melakukan beberapa proyek besar dan bekerja lebih dan lebih efektif. Elemen penting dari keberhasilan tim kerja adalah kemampuan tim untuk mengarahkan upaya mereka menuju tujuan tertentu dari tim
4.      Kesimpulan
Gaya kepemimpinan yang digunakan Soichiro Honda adalah tipe atau gaya Otoriter. Dalam gaya kepemimpinan ini keputusan yang dibuat oleh pemimpin adalah keputusan yang mutlak jadi tidak ada yang bisa menghalangi atau tidak dapat dirubah kembali. Tipe kepemimpinan otoriter jika kita lihat lagi menurut gaya kepemimpinan situasional tipe kepemimpinan ini bisa di terapkan terhadap anggota atau bawahan dengan tingkat kematangan rendah yaitu ketika seorang pemimpin menghadapi bawahan yg belum bisa atau belum menguasai hampir semua bidang yang menjadi tanggung jawabnya.

5.      Apa nilai kekuatan yang dibangun dalam kepemimpinan perusahaan Honda?
 fokus pada inovasi dalam pengembangan mobil dan teknologi produksi, pemanfaatan pasar baru, mempercepat operasi global dan menstabilkan kerja terhadap fluktuasi mata uang.Kaidah bisnis ini dijalankan dengan penekanan pada kepemimpinan produk, R & D, dan minimisasi biaya dan teknologi informasi yang menekankan konsistensi informasi, aksesibilitas, dan pentingnya jaringan komunikasi.


Source :
http://wapannuri.com/a.kepemimpinan/gaya-kepemimpinan-honda.html

Komentar