Apa Alasan Instagram meluncurkan Igtv

    Instagram baru saja merilis fitur yang menjadikan para penggunanya dapat menonton video berdurasi lebih lama. Tidak seperti Stories yang hanya dapat mengunggah video dengan durasi 15 detik, melalui kanal IGTV pengguna dapat mengunggah video dengan durasi lebih lama yakni hingga 1 jam.
Pengguna Instagram akan langsung disuguhi video yang dimainkan secara langsung pada saat membuka fitur layanan IGTV, yaitu saat memencet tombol pada kanan atas pada beranda.

      Hal ini seperti program TV yang mana pada saat TV dinyalakan, gambar langsung muncul dan berjalan tanpa harus menekan tombol mainkan terlebih dahulu. Pengguna juga dapat memilih kanal atau saluran mana yang ingin mereka tonton.
Di IGTV, siapapun yang menjadi pengguna Instagram dapat membuat kanal IGTV. Hanya dengan menekan tombol bundar yang menyerupai ikon pengaturan yang ada pada sebelah kanan kolom pencarian, maka para pengguna dapat dengan mudah menciptakan kanal IGTV.
 Kini, dengan diluncurkannya IGTV, Instagram melangkah lebih jauh untuk menghadirkan platform bagi para penggunanya untuk berbagi video dengan durasi lebih panjang. Namun IGTV menyajikan tampilan video dalam bentuk vertikal, dengan durasi bisa mencapai satu jam. Tidak seperti Youtube, IGTV tidak menyediakan program monetisasi video. Namun CEO Kevin Systrom mengatakan hal itu bisa diterapkan di kemudian hari seiring perkembangan IGTV.
"Kami tidak memulai dari sana (monetisasi video). Karena kami hanya ingin memberikan pengguna sebuah pengalaman baru yang menarik," ujar Ashley Yuki, Instagram Product Manager.
Keputusan untuk tidak menghadirkan program monetisasi sejak awal peluncurannya dinilai membuat IGTV kehilangan kesempatan untuk menjadi ancaman besar untuk Youtube, sejak hari pertamanya.
Hal ini karena memang tersedia sebuah peluang besar untuk menggeser dominasi Youtube, setelah platform video terbesar milik Google tersebut memperbarui peraturannya bagi para Youtubers. Hal ini membuat para content creators Youtube mulai kesulitan mendapatkan pemasukan iklan, dan mencari alternatif media sosial berbasis video yang baru. 
Naah jadi bagi kalian yang ingin mencoba dengan penampilan terbaru dari instagram kini bisa mencoba IGTV yang membuat kalian seperti menonton tv di hp dan bisa dijadikan sebagai content creator yukkss upload video kalian di IGTV.

Source :
http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/06/22/cara-menghasilkan-uang-di-igtv-instagram-yang-dapat-mengancam-youtube-426218

https://www.scoopnest533848252661762-say-hello-to-ig-t

https://m.detik.com/inet/mobile-apps/d-4077104/menjajal-igtv-stasiun-televisi-ala-instagram

Komentar